Jumat, 15 September 2017

Penemu Algoritma dan Contoh Algoritma Sederhana Dalam Kehidupan Sehari-hari


HAI HAI HAI !!!
SEMANGAT PAGI !!   (PAGI, PAGI, PAGI, LUAR BIASA !!!)
Biarpun sudah siang, sore, atau malam, harus tetap semangat  pagi.


Untuk kali ini, kita akan membahas sedikit tentang biografi dari seorang ilmuwan, yang juga seorang penemu, yang juga seorang ahli dibidangnya. Beliau adalah seorang penemu dari algoritma.
Sebelum kita lanjut membahas biografi dari penemu algoritma. Setidaknya, kita terlebih dahulu mengetahui apa itu algoritma.
So, algoritma adalah langkah-langkah atau tahapan (susunan) yang logis dan sistematis untuk memecahkan suatu masalah atau untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam dunia komputer, algoritma sangat berperan penting dalam pembangunan suatu software. Dalam dunia sehari-hari, mungkin tanpa kita sadari algoritma telah masuk dalam kehidupan kita.

Nah, kita kan sekarang udah tau nih sekilas tentang apa itu algoritma. Dan selanjutnya, kita kembali membahas siapa sih penemu algoritma itu.



Penemu algoritma seorang yang bernama lengkap Abu Ja'far Muhammad bin Musa Al-Khawarizmi. Beliau adalah seorang intelektual Islam yang lahir pada tahun 770 Masehi (tak ada data tanggal pastinya), di sebuah kota Khawarizmi. Ia dipanggil dengan sebutan Al-Khawarizmi untuk menunjukkan tempat kelahirannya. Di Eropa, ia dikenal dengan nama Algoarismi, Algorism, atau Algoritma.
Ketika Al-Khawarizmi masih kecil, kedua orang tuanya berimigran, dari Uzbekistan ke Baghdad, Irak. Dan pada saat itu, Irak berada dibawah pemerintahan Khalifah Al Ma'mun yang memerintah dari tahun 813-833 Masehi.
Al-Khawarizmi terkenal dengan teori algoritmanya. Kata algoritma berasal dari latinisasi nama Al-Khawarizmi, sebagaimana yang tercantum pada terjemahan karyanya dalam bahasa latin dari abad ke-12 “Algorithmi de numero Indorum”.
Selain terkenal dengan teori algoritmanya, ia juga dikenal sebagai seorang yang membangun teori-teori matematika lain, diantaranya aljabar, yang disebut aritmetika (ilmu hitung) oleh para ilmuwan barat. Aljabar diambil dari kata depan judul buku yang dikarangnya, yaitu “al-Jabr wa al-Muqabilah”. Dalam buku ini, ia menjelaskan secara detail tentang “Tabel Trigonometri”. Tak hanya itu, buku tersebut juga memperkenalkan “Teori Kalkulus Dasar”.
Al-Khawarizmi dianggap sebagai tokoh paling penting dalam sejarah perkembangan ilmu matematika, terutama aljabar. Dia adalah ilmuwan muslim pertama yang terkenal dibidang ini. Sebuah karangan Al-Khawarizmi yang dianggap penting dan telah disalin dalam bahasa Latin adalah Trattari d'Arithmetica. Didalam buku tersebut membahas beberapa soal hitungan, asal-usul angka, dan sejarah angka-angka yang sekarang ini kita gunakan. Trattari d'Arithmetica diterbitkan pada tahun 1857 di Roma.
Karya aljabarnya yang paling monumental berjudul al-Mukhtasar fi Hisab al-Jabr wal-Muqabalah (Ringkasan Perhitungan Aljabar dan Perbandingan). Dalam buku ini diuraikan pengertian-pengertian geometris. Ia juga menyumbangkan teorema segitiga sama kaki yang tepat, perhitungan tinggi serta luas segitiga, dan luas jajargenjang serta lingkaran. Dengan demikian, dalam beberapa hal Al-Khawarizmi telah membuat aljabar menjadi ilmu eksak.
Al-Khawarizmi memperkenalkan kepada dunia ilmu pengetahuan angka 0 (nol) yang dalam bahasa arab disebut sifr yang tercantum pada salah satu bukunya. Karya lain dari seorang Al-Khawarizmi adalah buku yang berjudul Kitab Surah al-Ard (Buku Gambaran Bumi) pada bidang geografi. Didalam buku ini berisi daftar koordinat beberapa kota penting dan ciri-ciri geografisnya. Pada bidang astronomi juga membuat Al-Khawarizmi dikenal pada zaman tamadun Islam. Astronomi dapat diartikan sebagai ilmu falaq (pengetahuan tentang bintang-bintang yang melibatkan kajian tentang kedudukan, pergerakan, dan pemikiran serta tafsiran yang berkaitan dengan bintang).
Banyak universitas yang ada di Eropa, menjadikan buku-buku karya dari Al Khawarizmi menjadi acuan dan text book untuk mahasiswa disana sampai pertengahan abad ke-16. Karya-karyanya, setelah di terjemahkan dalam bahasa Latin, kemudian diterjemahkan juga kedalam bahasa-bahasa lain seperti bahasa-bahasa yang digunakan di Eropa dan terakhir diterjemahkan dalam bahasa Cina.
Tercatat dalam sejarah, ada 70 orang yang ahli di bidang geografi yang bekerja dibawah koordinasi Al-Khawarizmi. Kemudian kelompok inilah yang membuat peta bumi yang dikenal sebagai globe untuk pertama kali. Karya ini dikenal dunia pada tahun 830 Masehi. Sepuluh tahun kemudian, tahun 840, Al-Khawarizmi meninggal dunia.
                                           ,,~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~,,

Dan sekarang kita akan mencoba untuk membuat sebuah contoh sederhana dari salah satu karya Al-Khawarizmi yaitu algoritma. Contoh yang akan kita coba buat termasuk algoritma sederhana dalam kehidupan sehari-hari.

Algoritma memetik buah mangga:
            Upin ingin memetik buah mangga dari pohon mangga yang ada di halaman rumahnya. Namun, ia tidak dapat memetiknya secara langsung karena pohonnya tinggi. Ia pun mencoba untuk memanjat pohon tersebut, tetapi ia tidak berhasil. Kemudian ia mengambil galah panjang yang ada dibelakang  rumah. Ia menggunakan galah itu untuk memetik buah mangga yang ia inginkan. Dan akhirnya, ia berhasil mendapatkan buah mangga tersebut.


Algoritmanya:
1. Cari pohon mangga yang ada buahnya 
2. Apakah buahnya dapat dijangkau untuk secara langsung dipetik atau tidak 
3.      Jika tidak, panjat pohon tersebut 
4.      Jika tidak bisa memanjat, gunakan galah panjang 
5.      Apakah ada galah panjang atau tidak 
6.      Jika tidak ada, cari galah kebelakang rumah 
7.      Setelah mendapatkan galah panjang, gunakanlah untuk memetik buah mangga tersebut 
8.      Buah mangga berhasil dipetik  

Sumber:
-          Buku Biografi Para Ilmuwan Muslim
-          Ahmad Tarsir. 2000. Filasafat Ilmu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Bandung

 

Itulah pembahasan kita kali ini, semoga dapat menambah ilmu pengetahuan kita dan dapat bermanfaat.
Thanks udah singgah dan nyimak pembahasan diatas.


~Jangan pelit untuk berbagi ilmu
~Sedikit lebih baik daripada tidak ada sama sekali

^_^Don’t Forget Be Happy^_^





 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar